1.4.a.9 AKSI NYATA MODUL 1.4 – MEMBANGUN BUDAYA POSITIF

Penulis : Anis Kurniawan

Latar Belakang :

Sekolah telah memiliki peraturan mengikat seperti jenis pelanggaran dan bobot pointnya yang berlaku universal kepada semua murid. Pelanggaran peraturan sekolah  membuat murid akan diberikan poin berupa angka sesuai dengan jenis pelanggaran. Jika jumlah poin telah mencapai angka tertentu maka diberlakukan sanksi kepada murid tersebut. Aturan ini sebenarnya sangat bagus diterapkan untuk mendisplinkan murid, tetapi cara penyelesaiannya tergolong kaku dan guru hanya memiliki satu posisi kontrol yakni penghukum.

Berdasarkan uraian di atas perlu adanya pemahaman bersama tentang bagaimana membuat kesepakatan kelas sehingga peraturan tidak terasa dibuat sepihak. selain itu juga perlu adanya sosialisasi kepada guru tentang penerapan budaya positif di sekolah terutama tentang bagaimana guru di sekolah kami memahami posisi kontrol dan mengaplikasikan tahapan segitiga restitusi.

Tujuan :

Murid dapat menerapkan budaya positif di sekolah karena motivasi intrinsik dari dalam diri mereka

Tolok Ukur :
Bukti sosialisasi kepada rekan sejawat, Bukti Penerapan dalam menerapkan budaya positif di sekolah (menyusun keyakinan kelas, posisi kontrol dan segitiga restitusi), Adanya Refleksi dari teman sejawat

Linimasa Tindakan :

  1. Perencanaan
  • Membuat jadwal pelaksanaan rencana bersama CGP lain di sekolah kami (27/10/2022)
  • Berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk mendapatkan izin melaksanakan sosialisasi (28/10/2022)
  • Bekerjasama dengan CGP lain di sekolah kami untuk membuat materi sosialisasi budaya positif pada saat loka 1 (29/10/2022)
  1. Pelaksanaan
  • Melaksanakan sosialisasi kepada rekan sejawat guru di sekolah (31/10/2022)
  • Mengumpulkan RTL dari teman sejawat guru tentang penerapan yang akan mereka lakukan (02/10/2022)
  • Pelaksanaan RTL – sampel ( (08/11/2022)

Dokumentasi Kegiatan dapat di lihat pada Video berikut :

  1. Monitoring dan Evaluasi

Penyampaian laporan pelaksanaan RTL dan monitoring oleh kepala sekolah (15/11/2022)

  1. Refleksi

Refleksi setelah pelaksanaan kegiatan dengan metode 4P (16/11/2022)

Dukungan yang di butuhkan:

  1. Izin dari kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan dan pemantauan periodik
  2. Dukungan dari teman CGP lain di sekolah
  3. Dukungan dari rekan tendik untuk teknis pelaksanaan
  4. Alat seperti laptop, LCD Proyektor, Sound system, Kamera untuk dokumentasi menggunakan fasilitas sekolah
  5. Bahan seperti karton, sticky note, lem, gunting dan spidol dari biaya mandiri

 

Share artikel ini

Leave a Reply